10 Cara Mudah untuk Menghindari Infeksi Virus Komputer

1
Posted April 14, 2013 by Mohammad Andes Bayu Pranoto in Lifestyle

Virus komputer, tentunya dengan mendengar sebutannya saja mungkin beberapa diantara Anda memiliki hal atau kesan buruk dengan terinfeksinya perangkat komputer atau notebook yang mungkin menyebabkan data Anda hilang atau perangkat komputer menjadi rusak. Ternyata bukan hanya itu saja dampak dari virus komputer, ada pula sebuah virus yang menyerang perangkat komputer Anda yang terkoneksi jaringan internet yang mengubah komputer Anda sebagai komputer zombie (komputer yang dikuasai oleh orang lain secara jarak jauh).

virus

Tips Mengatasi Infeksi Virus Komputer (Sumber Gambar: www.techtricksworld.com)

Memang untuk menangani serangan virus komputer Anda dapat memperbaikinya dengan cara menginstall ulang komputer atau dengan menggunakan virus removal untuk beberapa jenis virus tertentu. Akan tetapi hal terebut memakan banyak waktu dan tentunya melelahkan belul lagi jika di komputer terdapat dokumen penting. Tentunya Anda tidak ingin perangkat komputer Anda terserang virus bukan? Nah, pada kesempatan kali ini inagurasi akan berbagi tips mudah untuk menghindari infeksi virus komputer. Berikut ulasannya.

1.    Penggunaan E-Mail

E-mail adalah salah satu gerbang dimana penyebaran virus yang paling mudah dan paling berbahaya melalui internet. Pastikan Anda membuka e-mail dari sumber yang anda pastikan kebenaranya dan bukan spam. Jika e-mail yang anda dapatkan berasal dari sumber yang anda tidak ketahui atau tidak berasal dari daftar kontak yang anda miliki, segera hapus e-mail tersebut. Pastikan daftar spam yang masuk segera dikosongkan dan jangan seekalipun membuka e-mail yang bersifat spam apalagi melampirkan file aneh. Selain itu gunakan pula e-mail service terpercaya seperti yahoo, gmail, dan yang lainnya karena mereka telah menggunakan antivirus terintegrasi untuk menyaring beragam file yang akan Anda kirim atau Anda unduh dari pesan e-mail orang lain.

2.    USB Flashdisk

Jika e-mail merupakan media penyebaran virus melalui internet maka USB Flash disk adalah metode penyebaran virus paling banyak kedua setelah e-mail akan tetapi melalui metode offline. Jadi pastikan anti virus anda terupdate dengan baik sebelum USB Flash Disk masuk terhubung di komputer anda. Scan terlebih dahulu sebelum dibuka. Cara membukanya juga jangan di double klik, tapi dengan klik kanan kemudian pilih Open. Cara ini lebih aman untuk menghindari virus yang masuk melalui autorun yang disertakan dalam USB Flash Disk.

3.    Program E-Mail Client

Hati-hati menggunakan program e-mail client misalnya Microsoft Outlook. Pastikan program tersebut terupdate dengan baik. Jika sistem operasi yang anda gunakan adalah bajakan, saya menyarankan anda menggunakan e-mail client yang sifatnya free dan dapat update secara otomatis, misalnya Mozilla Thunderbird atau Pegasus.

4.    Hati-Hati dengan Pop Up

Semua orang pasti mengetahui internet adalah sumber penyebaran virus terbesar di dunia. Hampir 80% virus disebarkan melalui jalur itu. Jangan melakukan klik pada jendela pop-up yang ditampilkan. Misalnya pemberitahuan bahwa Anda adalah pemenang sebuah undian atau klik beberapa kali makan Anda akan menang sebuah undian. Sebenarnya itu adalah program jahat yang otomatis akan mengirim trojan atau spyware ke komputer Anda. Anda dapat menggunakan fitur atau program atomatis blok pada pop-up yang akan ditampilkan. Fitur ini biasanya sudah disertakan dalam web browser yang Anda gunakan.

5.    Berhati-Hati Ketika Menggunakan Search Engine

Search engine atau mesin pencari misalnya Google terkadang tidak dapat menyaring situs-situs yang dianggap sebagai berbahaya. Untuk itu anda dapat menginstal sebuah program yang dapat mendeteksi otomatis situs- situs yang tidak layak dikunjungi atau berbahaya. Program gratis yang dapat anda gunakan adalah AVG Link Scanner. Program gratis buatan AVG ini mampu mendeteksi situs-situs hasil pencarian google. Jika situs tersebut mengandung virus berbahaya, maka akan ditampilkan peringatan atau situs tersebut akan otomatis diblok tidak dapat dibuka.

6.    Install Anti Virus dan Anti Spyware

Memang cara yang paling ampuh untuk menangani virus komputer yaitu dengan menginstall anti virus yang dapat dipercaya. Tidak harus anti virus berbayar, untuk pengguna rumahan/pribadi anda dapat menggunakan anti virus free yang tidak kalah populer dengan anti virus berbayar, misalnya Microsoft Security Essentials, Avira, AVG, Clamav, dan lain-lain. Pastikan juga Anda melakukan update secara rutin untuk menjamin anti virus yang anda install mampu menahan virus yang semakin lama semakin berkembang kemampuanya.

Selain itu Anda juga harus menginstall anti Spyware untuk mencegah masuknya malware dan spyware. Kedua program jahat tersebut selain dapat membuat komputer berjalan lambat, juga dapat mengahantarkan komputer Anda sebagai komputer zombie yang dapat dikendalikan orang- orang di luar sana. Beberapa program anti spyware gratis yang cukup terkenal adalah Spyware Doctor, Spyware Terminator, dll.

7.    Gunakan Disk CD/DVD

Untuk mengimpan/membackup data-data penting agar tidak mudah terinfeksi virus Anda dapat menggunakan media disk CD/DVD. CD/DVD sifatnya hanya read only (hanya dapat dibaca), namun pastikan sebelum dipindahkan kedalam disk, data telah terbebas dari virus. Karena jika datanya bervirus, maka percuma saja disimpan di dalam disk dan malah dapat menyebarkan virus ke perangkat komputer yang dimasuki disk CD/DVD tersebut.

8.    Mengupdate Sistem Operasi

Atur sistem operasi yang anda gunakan agar selalu melakukan update secara rutin. Ini dapat mengurangi resiko serangan virus dari luar karena celah masuknya virus telah ditutup oleh update yang anda lakukan. Namun update hanya dapat berhasil jika sistem operasi yang anda gunakan adalah asli. Jika Anda tidak menggunakan sistem operasi asli maka gunakan sistem operasi yang gratis misalnya linux.

9.    Berhati-Hati Ketika Mengunjungi Situs Internet

Ketika Anda mendownload program-program dari situs warez misalnya, pastikan anti virus anda terpasang dan terupdate dengan baik. File yang berasal dari situs-situs tersebut kadang sengaja disusupi oleh virus yang berbahaya.

10.    Jangan Mengunjungi Situs Berbahaya

Jika semua hal di atas telah Anda lakukan maka hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mencegah komputer terinfeksi virus yaitu jangan mengunjungi situs berbahaya seperti warez, krack, serial, porno, dan lain-lain. Hal ini karena mungkin saja di situs tersebut terdapat virus dan malware tersembunyi yang dapat masuk ke komputer tanpa terdeteksi oleh anti virus atau anti spyware.

 

Virus komputer memang menjadi salah satu hal yang dapat dikatakan membahayakan bagi perangkat komputer atau notebook yang umumnya berbasis sistem operasi Microsoft Windows. Sebaiknya lakukan beberapa tips di atas sehingga Anda terhindar dari infeksi virus dan tidak akan memakan banyak waktu Anda untuk membetulkan komputer yang terinfeksi virus. (mabp)

Sumber



10 Cara Mudah untuk Menghindari Infeksi Virus Komputer

About the Author

Mohammad Andes Bayu Pranoto

Saya Bayu tinggal di Bandung. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Gemar menulis, ngoding, main game. Sebagai freelance di Inagurasi.com.

10 Cara Mudah untuk Menghindari Infeksi Virus Komputer

One Comment


  1.  

    klo update OS gak masuk nih, dimana usernya pakai versi petani :))

    yg paling males itu kena hijack di search engine seperti snap.do dan searchqu
    gak akan lama akun anda akan dibobol/hack.





Leave a Response

(required)