5 Cara Tradisional Mengatasi Jerawat

0
Posted November 3, 2012 by Mohammad Andes Bayu Pranoto in Lifestyle

Banyak orang khususnya kaum remaja baik laki-laki maupun perempuan yang mengeluhkan adanya jerawat pada wajah mereka. Sebenarnya jerawat merupakan efek dari adanya minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan kotoran yang melekat di sekitar wajah. Apalagi bagi kaum remaja yang notabenenya sedang dalam masa pubertas, selain produksi minyak yang berlebih gangguan umumnya yaitu karena terjadinya peningkatan hormon yang berujung pada timbulnya jerawat.

Banyak orang yang mengalami jerawat biasanya akan hilang secara sendirinya dengan meningkatnya umur orang tersebut tetapi tidak sedikit pula yang masih tetap berjerawat walaupun sudah berumur cukup dewasa. Untuk menanganinya dapat dilakukan secara medis yaitu dengan berkonsultasi ke dokter yang memiliki kemungkinan untuk sembuh cukup besar tetapi akan memerlukan biaya yang besar pula karena mengobati jerawat memerlukan waktu yang lama, tetapi ada pula cara peraktis dan tradisional untuk menangani jerawat tentunya tingkat kesembuhan ditentukan oleh kecocokan kulit muka dengan obat dan pola hidup seseorang. Berikut 5 cara mengatasi jerawat dengan obat tradisioanal;

1. Putih Telur

Telur

Pisahkan kuning telur dan putih telur lalu ambil putih telurnya saja kemudian oleskan pada muka seperti menggunakan masker dan diamkan selama 15 menit, setelah 15 menit bersihkan dan keringkan dengan handuk. Putih telur memiliki fungsi sebagai penyerap minyak berlebih yang terjadi pada wajah yang tentunya akan menjadi penyebab kulit berjerawat.

2. Bawang Putih

Bawang Putih

Cara yang dapat digunakan ada 2 cara. Pertama dengan cara menumbuk dua siung atau lebih bawang putih lalu oleskan pada permukaan kulit yang berjerawat, diamkan selama 10 menit dan kemudian basuh. Kedua, perbanyak mengonsumsi bawang putih. Bawang putih memiliki zat aktif allicin yang terkenal sebagai pembunuh bakteri dan kuman yang cukup efektif dan sebagai pelindung dari infeksi dalam hal ini infeksi dari kulit berjerawat.

3. Tomat

Tomat

Pengobatan dengan menggunakan tomat dilakukan dengan cara membelah satu buah tomat menjadi dua bagian kemudian oleskan pada daerah yang berjerawat dan diamkan selama 15 sampai 20 menit lalu basuh. Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat bermanfaat untuk merawat kulit.

4. Lidah Buaya

Daging Lidah Buaya

Pengobatan dengan lidah buaya dapat dilakukan dengan cara ambil terlebih dahulu satu helai daun lidah buaya, kupas kulit daun lidah buaya dan ambil dagingnya kemudian oleskan pada kulit berjerawat pada pagi dan sore hari, diamkan selama 30 menit dan basuh wajah Anda. Kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya khususnya lendir pada daging buah yaitu sebagai antibakteri dan astringent (penetralisir lemak) sehingga sangat baik untuk mengatasi jerawat di wajah Anda.

5. Biji Bunga Pukul Empat

Biji Bunga Pukul Empat

Bagian yang dimanfaatkan dari bunga pukul empat sebagai obat jerawat yaitu bijinya. Biji yang sudah berwarna hitam ditumbuk lalu ambil tepung yang berwarna putih, kemudian campur dengan sedikit air lalu oleskan pada daerah yang berjerawat, diamkan selama 30 menit kemudian basuh. Kandungan dari tepung biji bunga pukul empat yaitu zat tepung, zat lemak, zat asam lemak, dan zat asam minyak yang dapat mengangkat dan menghancurkan minyak yang terperangkap pada bagian muka yang berjerawat.

Selain menggunakan salah satu  5 tips di atas, Anda juga harus selalu menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan cara menjaga pola makan sehat, istirahat yang cukup, serta banyak berolah raga. Kemudian jangan lupa untuk selalu menjaga kulit wajah Anda dari kotoran dan dari keringat ketika Anda sedang beraktifitas. Semoga 5 cara tradisional mengatasi jerawat yang inagurasi.com berikan dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

(mabp/map)



5 Cara Tradisional Mengatasi Jerawat

About the Author

Mohammad Andes Bayu Pranoto

Saya Bayu tinggal di Bandung. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Gemar menulis, ngoding, main game. Sebagai freelance di Inagurasi.com.

5 Cara Tradisional Mengatasi Jerawat

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)