7 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan Tubuh

0
Posted January 14, 2013 by Mohammad Andes Bayu Pranoto in Lifestyle

Siapa yang tidak tahu dengan sari tebu atau air tebu yang biasa kita beli di pedagang sari tebu kemasan. Rasa sari tebu yang manis ini menjadi daya tarik para penggemar minuman segar dan menyehatkan ini. Karena penggemar sari tebu akhir-akhir ini semakin banyak maka penjual minuman ini juga ikut tersebar dimana-mana. Ternyata minuman yang terkenal dengan rasa manis ini juga ternyata mengandung beberapa khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh dan berikut inagurasi sampaikan manfaat yang terkandung di dalam sari tebu.

Sumber : toekangpin.wordpress.com

Sumber : toekangpin.wordpress.com

1.   Mencegah Penyakit Kuning

Sari tebu ternyata selain dapat mencegah penyakit kuning juga merupakan obat alami untuk penyakit kuning. Sebagaimana kita ketahui penyakit kuning ini dikarenakan terdapat bilirubin yang berlebihan di dalam darah sehingga kulit menjadi kuning, kemudian penyakit ini nantinya akan menyerang pada liver atau hati sehingga dapat mengganggu kinerja hati. Untuk penggunaannya, penderita penyakit kuning dapat mengonsumsi dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan garam.

2.   Meredakan Rasa Nyeri

Minuman manis khususnya sari tebu ternyata memiliki kandungan zat yang dapat meredakan rasa nyeri infeksi pada saluran kemih, akibat penyakit seksual, dan peradangan perut. Bagi penderita nyeri tersebut dapat memanfaatkan sari tebu dengan mengonsumsi satu gelas sari tebu maka rasa nyeri tersebut akan berkurang.

3.   Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan mengonsumsi sari tebu. Penyakit yang dikenal pula dengan nama infeksi saluran kemih ini akan menyebabkan penderitanya merasa sakit ketika buang air seni dan bahkan mengakibatkan pendarahan. Penyakit ini dapat terjadi karena seseorang kurang mengonsumsi air sehingga terjadi dehidrasi dan membentuk batu di dalam ginjal. Untuk mengurangi penyakit ginjal ini, Anda dapat mengonsumsi sari tebu untuk meluruhkan batu ginjal yang berada di ginjal.

4.   Menurunkan Demam

Tebu merupakan salah satu tanaman yang memiliki segudang vitamin yang baik untuk tubuh begitu pula dengan sari tebu. Sari tebu kaya akan fosfor, zat besi, kalium, dan magnesium. Sebuah penelitian juga ternyata menunjukkan bahwa sari tebu dapat menurunkan demam.

5.   Mencegah Kanker

Sari tebu ternyata juga memiliki sifat sebagai alkali. Hal ini berarti bahwa sari tebu juga dapat mencegah penyakit kanker. Dalam hal ini penyakit kankernya yaitu kanker usus, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

6.   Mengatasi Dehidrasi

Jika Anda merasa selalu kurang minum dan tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh untuk minum 8 gelas per hari maka sari tebu dapat menjadi solusi bagi Anda. Hal ini dikarenakan dengan meminum sari tebu maka Anda telah dapat mempertahankan cairan di dalam tubuh. Bahkan ketika musim panas, sari tebu juga dapat dimanfaatkan untuk mendinginkan panas tubuh.

7.   Aman untuk Penderita Diabetes

Walaupun sari tebu memiliki rasa yang sangat manis, tetapi bagi para penderita diabetes tidak perlu khawatir tidak dapat merasakan manfaat dari sari tebu ini. Hal tersebut dikarenakan sari tebu yang memiliki rasa manis ini ternyata aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Rasa manis yang terdapat di dalam sari tebu bukanlah pemanis buatan dan sari tebu juga dapat menjaga kadar glukosa untuk tetap seimbang sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sumber

(mabp)



7 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan Tubuh

About the Author

Mohammad Andes Bayu Pranoto

Saya Bayu tinggal di Bandung. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Gemar menulis, ngoding, main game. Sebagai freelance di Inagurasi.com.

7 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan Tubuh

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)