Apa itu Pilar A, B, C, D pada Mobil?

0
Posted March 1, 2013 by Maulana Arif Pratama in Otomotif

Pernahkah sobat inagurasi.com bertanya tentang “Apa itu Pilar A, B, C, D pada mobil?“, “Mobil Apa Saja yang Memiliki Pilar D?” Pilar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan tiang penguat atau Kap tiang berbentuk silinder pejal atau berongga untuk menyangga balok geladak atau bagian konstruksi lain di kendaraan. Berikut dibawah ini keterangan Pilar A B C D pada mobil

 

Pilar A, B, C Pada umumnya dimiliki oleh mobil berjenis  Sedan dan Hatchback, bila kita bicarakan pasar mobil Indonesia yang memiliki pilar A, B, C untuk jenis sedan antaralain Vios, Baleno, dan City sedangkan untuk jenis hatchback antaralain yaitu Yaris, Jazz, Rio dan Picanto.

Pilar A B C Toyota Yaris

 

  1. Pilar A adalah pilar tempat letak kaca depan pada mobil, berfungsi untuk menyangga atap mobil, penyangga tempat untuk kaca depan dan terkadang digunakan sebagai tempat kaca spion.
  2. Pilar B adalah pilar yang terletak antara pintu depan dan belakang. selain untuk penyambung pintu samping dan atap supaya tidak bergetar terkadang digunakan sebagai tempat untuk meletakkan safety belt/sabuk pengaman.
  3. Pilar C adalah pilar untuk meletakkan kaca belakang ( biasa terdapat pada city car atau sedan ).
  4. Pilar D adalah pilar yang hanya digunakan untuk mobil-mobil berjenis MPV ataupun SUV ( seperti Pajero,  Honda CRV, Kijang Innova, APV).

Sebagai catatan,pilar A,B,C,D adalah pilar yang sesuai dengan urutan letaknya pada mobil. Pada bagian depan disebut pilar A dan bagian akhir disebut pilar D.

Namun seiring inovasi, baru-baru ini Daihatsu memperkenalkan UFC yang dispekulasikan akan lahir di tahun 2015 mendatang tanpa menggunakan pilar B seperti foto dibawah ini. Keuntungan tanpa kehadiran pilar B memudahkan penumpang untuk masuk kedalam mobil dan menjadikan interior lebih lapang, akan tetapi menjadi riskan bila terjadi tabrak samping.

Sumber

(map)

 



Apa itu Pilar A, B, C, D pada Mobil?

About the Author

Maulana Arif Pratama

Lahir di Jakarta, Hobi menulis & belajar marketing,bergabung di Inagurasi.com sebagai Chief Editor dan Marketing Inagurasi.com. Ingin lebih lanjut mengenalnya lebih lanjut, bisa lihat Google+1

Apa itu Pilar A, B, C, D pada Mobil?

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)