Chia Seed: Berdiet dengan Cara Suku Aztec

0
Posted April 6, 2013 by Mohammad Andes Bayu Pranoto in Lifestyle

Chia Seed diketahui merupakan salah satu bahan pangan yang cukup terkenal dan telah lama digunakan oleh suku Aztec. Suku yang terkenal dengan kepintaran dan kemajuan teknologinya ini ternyata mengerti pula dengan bahan makanan yang menyehatkan dan bahkan dapat pula digunakan untuk berdiet.

chia_seed

Manfaat Chia Seed untuk Diet (Sumber Gambar: nutritionunplugged.com)

Chia seed dikenal sebagai bahan yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan menyukseskan diet. Biji-bijian ini diperoleh dari sebuah tanaman gurun bernama Salvia Hispanica, yaitu sejenis tumbuhan mint. Menurut IndiaTimes, chia seed sudah dikenal sejak jaman kuno dan berkembang di Amerika Tengah. Bahan makanan ini ternyata mengandung banyak omega-3, protein, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, dan serat.

Hasil dari penelitian juga mengatakan bahwa chia seed dapat meringankan resiko terkena penyakit jantung, membantu menurunkan kolesterol, dan memperlancar pencernaan. Chia seed sendiri berasal dari kata kekuatan dan menurut cerita suku Aztec, mereka menggunakan biji-bijian putih dan hitam sebagai bahan untuk meningkatkan energi pada tubuh.

Chia seed dapat Anda konsumsi dengan cara mentah sebagai taburan atau dicampur dengan aneka bahan makan lainnya. Di Mexico sendiri chia seed direndam dan dicampurkan ke dalam jus buah atau air saat akan dikonsumsi, selain itu ada pula yang mencampurkan dengan sereal. Efeknya sendiri sebenarnya hampir mirip dengan oatmeal, di mana akan muncul rasa kenyang yang lebih lama, dan lebih cepat kenyang tanpa makan banyak, serta memperlancar pencernaan sehingga buang air besar jadi lancar. Mungkin hal inilah yang dapat membuat chia seed menjadi salah satu menu diet yang menyehatkan.

Untuk masalah penurunan berat badan sebenarnya belum ditemukan penurunan berat badan yang drastis, hanya saja dalam periode beberapa minggu dikonsumsi, porsi makan akan berkurang dan proses bab lancar. Hingga saat ini belum ditemukan efek samping yang merugikan saat mengonsumsi chia seed. Mirip dengan oatmeal, chia seed bisa dicampur dengan bahan makanan lain. Maka bagi Anda yang ingin berdiet sehat, tidak ada salahnya memilih menu olahan dari chia seed sebagai makanan pendamping proses diet yang Anda sedang jalani. (mabp)

Sumber



Chia Seed: Berdiet dengan Cara Suku Aztec

About the Author

Mohammad Andes Bayu Pranoto

Saya Bayu tinggal di Bandung. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Gemar menulis, ngoding, main game. Sebagai freelance di Inagurasi.com.

Chia Seed: Berdiet dengan Cara Suku Aztec

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)