Evolusi Smartphone Dari Masa Ke Masa

0
Posted May 28, 2013 by Mohammad Andes Bayu Pranoto in Teknologi

Smartphone, tentunya ketika kita mendengar kata tersebut yang terpikir di benak kita adalah gadget yang multifungsi alias dapat kita gunakan untuk apa saja. Akan tetapi apakah Anda pernah mengetahui bagaimana bentuk awal dari smartphone yang sering kita lihat dengan rupa yang tipis dan ringan?

Sedikit melihat ke belakang, sebenarnya awal mula kesuksesan sebuah smartphone datang dari Apple yang menampilkan produk iPhone nya dan Google yang mengusung sistem operasi Androidnya. Nah, pada kesempatan kali ini inagurasi akan sedikit membahas seputar sejarah smartphone dari yang awal mula bentuknya sebesar batu bata hingga yang muat masuk ke dalam saku dan tentunya fitur di dalamnya pun berbeda.

1.    1993, IBM Mengenalkan Simon

Ternyata cikal bakal dari perangkat smartphone yang banyak kita gunakan di era ini datang dari tahu 1993. Simon merupakan piranti serba bisa dan piranti telekomunikasi tercanggih di jamannya yang diperkenalkan oleh IBM. Walaupun masih memiliki tubuh yang besar, tetapi smartphone ini bukan hanya digunakan untuk telepon saja tetapi bahkan dapat pula digunakan sebagai mesin fax dan uniknya lagi merupakan piranti PDA dengan menggunakan layar sentuh.

simon

IBM Simon (Sumber Gambar: tabloidpulsa.co.id)

Karena smartphone ini merupakan piranti yang tercanggih di jamannya, harganya pun dapat dikatakan sangat fantastis. Bayangkan di era 90-an, harga dari piranti ini yaitu sekitar USD 899 atau sekitar Rp9 jutaan.

2.    1996, Palm Pilot 1000

palm_pilot

Palm Pilot (Sumber Gambar: tabloidpulsa.co.id)

Memang pada sejarahnya, Pilot bukanlah sebauh perangkat smartphone. Tetapi perangkat ini dapat dikatakan merupakan cikal bakal dari perangkat PDA. Kemudian hebatnya lagi setelah generasi selanjutnya, para eksekutif banyak yang mengandalkan perangkat ini sebagai piranti pendukung kegiatannya.

Palm Pilot juga dahulu pernah singgah di Indonesia dan menjadi salah satu perangkat mahal yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Bayangkan harganya yang mencapai Rp3 jutaan, Anda hanya mendapatkan spesifikasi 16 MHz prosesor plus memori sebesar 128 KB.

3.    1996, Nokia Communicator 9000

Ternyata sebelum kita mengenal perangkat smartphone seperti iPhone dan beragam produk dengan firmware Android, ternyata Nokia telah lebih dahulu mendapatkan kejayaannya di bidang ponsel premium yaitu dengan menghadirkan perangkat dari seri Communicator.

nokia_communicator

Noki Communicator (Sumber Gambar: tabloidpulsa.co.id)

Banyak sekali peminat yang menggandrungi perangkat ponsel ini. seri Communicator yang pertama adalah seri 9000 yang diluncurkan pada 1996 silam. Kemampuannya memang baru sebatas akses internet dengan kecepatan yang rendah karena pada waktu itu teknologi jaringan internet tidak sebagus saat ini.

4.    2000, Pocket PC

Mulai masuk ke era tahun 2000, mulai bermunculan perangkat smartphone yang canggih. Salah satunya yaitu Pocket PC. Perangkat ini merupakan nenek moyang dari smartphone yang berbasis Windows Phone, ketika awal rilis piranti ini telah menggunakan sistem operasi Windows CE.

pocket_pc

Pocket PC (Sumber Gambar: tabloidpulsa.co.id)

Pada waktu itu Pocket PC ditawarkan dengan dua versi, satu menggunakan fitur telepon dan yang tanpa telepon. Jika Anda masih ingat, platform Windows Mobile ini banyak dikeluarkan oleh O2 yang merupakan operator selular asal Inggris.

5.    2002, BlackBerry 5810

Sebenarnya pada mulanya RIM atau yang memiliki kepanjangan dari Research In Motion merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dengan membuat pager (alat komunikasi berbasis teks). Tetapi pada sekitar tahun 2002, RIM mulai merambah industri telepon genggam dengan meluncurkan perangkat BlackBerry pertamanya yaitu BlackBerry 5810 dan telah mengusung papan ketik QWERTY dan tentunya mengandalkan pula layanan email serta browsing.

BB5810

BlackBerry 5810 (Sumber Gambar: tabloidpulsa.co.id)

Akan tetapi uniknya bagi para pengguna BlackBerry 5810 harus mengenakan headset atau earphone ketika menggunakan ponsel ini untuk menelepon. Bahkan kondisi ini masih berlangsung hingga seri ke 6210 hadir di tahun 2004.

6.    2002, Nokia 7650

nokia7650

Nokia 7650 (Sumber Gambar: tabloidpulsa.co.id)

Masih di tahun yang sama yaitu sekitar tahun 2002, Nokia mulai merilis ponsel pertama yang menggunakan firmware Symbian yaitu seri 7650. Bahkan setelah perilisan ponsel tersebut, Symbian mengalami perkembangan yang pesat hingga pada tahun 2003 Symbian menguasai pasar sekitar 72,8 %. Kemudian pada tahun berikutnya, Symbian OS 8.0 keluar dan pada tahun yang sama, Nokia hampir menguasai Symbian.

7.    2007, IOS dan Android Mulai Menguasai Pasar Smartphone

iPhone

iPhone (Sumber Gambar: tabloidpulsa.co.id)

Rupanya di tahun 2007 merupakan tahun awal mulanya masa kejayaan bagi smartphone. Hal tersebut ditandai dengan keikut sertaan Apple dalam mengembangkan perangkat smartphone dengan merilis iPhone. Kehadiran iPhone ini bahkan sempat menjadi pemegang pasar terbesar untuk smartphone.

g1

G1 (Sumber Gambar: tabloidpulsa.co.id)

Selain Apple, Google juga ternyata menorehkan awal mula kejayaannya di bidang smartphone pada tahun yang sama. Akan tetapi berbeda dengan Apple yang pada mulanya langsung memperkenalkan perangkat smartphone, Google awalnya hanya memperkenalkan platform sistem operasi Android yang terbuka untuk para vendor alias open source. Kehadrian Android mengalami kenaikan luar biasa dari tahun ke tahun hingga kini Google berani membuat perangkat smartphone dan tablet yang bekerja sama dengan salah satu vendor ponsel ternama. Keberhasilan sistem operasi open-source itu bahkan lebih mengesankan ketika harus berhadapan dengan kelas berat seperti iPhone, BlackBerry, Windows Mobile, dan Symbian.

 

Memang walaupun banyak dari para developer smartphone ternama kali ini kebanyakan menggunakan platform Android disamping banyak pula yang mengembangkan perangkat smartphone dengan platform Windows Mobile, BlackBerry OS, IOS, dan yang terbaru yaitu Firefox OS. Kita tunggu saja hal-hal menarik apa saja yang akan ditampilkan para developer dalam mengembangkan perangkat smartphone buatannya. (mabp)

Sumber

 



Evolusi Smartphone Dari Masa Ke Masa

About the Author

Mohammad Andes Bayu Pranoto

Saya Bayu tinggal di Bandung. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Gemar menulis, ngoding, main game. Sebagai freelance di Inagurasi.com.

Evolusi Smartphone Dari Masa Ke Masa

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)