Makanan Penambah ASI dan Menyehatkan untuk Ibu Menyusui

1
Posted March 24, 2013 by Mohammad Andes Bayu Pranoto in Lifestyle

Bagi para ibu menyusui, tentunya ASI atau Air Susu Ibu merupakan hal yang penting untuk diberikan pada buah hati terlebih buah hati yang masih bayi dan sangat memerlukan ASI untuk tumbuh kembangnya. Tetapi walaupun ASI sangat penting, ada beberapa ibu yang tidak dapat memproduksi ASI dalam jumlah banyak sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan bayi dalam sehari.

ibu

Ibu Menyusui (Sumber Gambar: lifebuoy.co.id)

Biasanya, untuk mengatasi hal tersebut para Ibu menyusui akan mengonsumsi daun katuk yang terkenal sebagai makanan yang baik untuk Ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui dalam memproduksi ASI. Akan tetapi bukan hanya daun katuk saja yang bagus untuk menambah ASI, ada beberapa makanan alternatif lain yang memiliki fungsi yang sama seperti daun katuk dan bahkan mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat untuk sang ibu dan anaknya, berikut ulasannya.

1.   Bayam

bayam

Manfaat Bayam untuk Ibu Menyusui (Sumber Gambar: planetsehat.com)

Bayam merupakan sayuran yang paling banyak mengandung nutrisi. Sayuran ini mengandung dua zat utama yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Kedua zat tersebut yaitu asam folat dan mangan. Asam folat membantu untuk memproduksi sel-sel darah yang baru dan bermanfaat untuk wanita yang baru melahirkan dan banyak kehilangan darah, sedangkan mangan membantu dalam perkembangan tulang, tulang rawan, dan kolagen yang diperlukan oleh ibu hamil untuk memulihkan diri dari operasi caesar.

2.   Telur

telur

Manfaat Telur untuk Ibu Menyusui (Sumber Gambar: health.detik.com)

Telur mengandung 5 – 6 gram protein  yang baik untuk memberikan rasa kenyang lebih lama setidaknya sampai satu jam berikutnya, demikian menurut Bridget Swinney, RD, penulis buku Eating Expectantly. Untuk membantu menurunkan berat badan sehabis melahirkan dianjurkan konsumsi telur saat sarapan. Kita ketahui pula, telur merupakan salah satu sumber kolin, nutrisi yang diperlukan untuk membangun pusat memori pada otak bayi. Nutrisi ini bisa ditransfer ke bayi melalui ASI.

3.   Daging Samcan (Daging Sapi Are Perut)

Daging samcan yaitu daging sapi yang berada di area perut. Di bagian ini kebanyakan berupa otot dan bagian daging sapi yang lemaknya paling sedikit. Menariknya lagi walaupun agak alot, di bagian ini mengandung banyak nutrisi terutama zat besi dan zinc yang merupakan zat yang dibutuhkan untuk mendapatkan kembali energi dan memproduksi ASI.

samcan

Manfaat Daging Samcan untuk Ibu Menyusui (Sumber Gambar: duniasapi.com)

Selain samcan, Anda juga dapat mengonsumsi daging ayam. Namun, pilih bagian daging yang agak gelap seperti kaki dan paha. Meskipun daging bagian ini lebih tinggi lemak dan kalorinya ketimbang daging putihnya (bagian dada), tetapi kandungan seng dan zat besinya lebih banyak dua kali lipat, begitu menurut Colleen Pierre, RD, instruktur masalah penuaan, nutrisi, dan kebugaran di Johns Hopkins University. Baiknya untuk mengonsumsi daging samcan dan ayam ini sebanyak tiga kali seminggu jika Anda ingin dirutinkan.

4.   Ikan Salmon

Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Menyusui (Sumber Gambar: api.ning.com)

Manfaat Ikan Salmon untuk Ibu Menyusui (Sumber Gambar: api.ning.com)

Telah kita ketahui bahwa ikan salmon merupakan jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, daging ikan salmon juga sangat membantu perkembangan otak dan mata bayi. Seperti halnya makanan lain, nutrisi dan gizi dari daging ikan salmon akan diserap oleh bayi saat sang Ibu menyusuinya. Maka bagi Ibu yang sedang menyusui hendaknya mengonsumsi salmon secara rutin satu atau dua kali seminggu, tetapi perhatikan pula kesehatan dan kebersihan dari ikan salmon yang Anda beli.

5.   Sereal Berserat Tinggi

sereal

Manfaat Sereal untuk Ibu Menyusui (Sumber Gambar: republika.com)

Selain telur, semangkuk sereal juga baik untuk dijadikan menu sarapan. Sereal juga membuat Anda merasa lebih kenyang dan selain itu juga membantu mencegah sembelit karena kandungan seratnya yang baik. Seperti yang telah diketahui para ibu baru, biasanya mengalami sembelit karena hormon-hormon yang dilepaskan saat menyusui bisa melambatkan kerja usus maka cobalah mencampur sereal dengan yogurt rendah lemak. Selain kaya akan kalsium yogurt juga mengandung probiotik, bakteri baik yang dapat membantu menyehatkan pencernaan dan makanan olahan ini baik untuk dikonsumsi setiap hari.

 

Tentunya bagi para Ibu yang sedang menyusui anak bayinya menginginkan kelak anaknya akan tumbuh sehat dan juga cerdas. Dengan pembahasan seputar makanan penambah ASI dan menyehatkan untuk Ibu menyusui semoga dapat membantu dalam memilih makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh Ibu dan tentunya menyehatkan pula untuk sang anak. (mabp)

Sumber



Makanan Penambah ASI dan Menyehatkan untuk Ibu Menyusui

About the Author

Mohammad Andes Bayu Pranoto

Saya Bayu tinggal di Bandung. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Gemar menulis, ngoding, main game. Sebagai freelance di Inagurasi.com.

Makanan Penambah ASI dan Menyehatkan untuk Ibu Menyusui

One Comment


  1.  

    Asupan ASI untuk bayi juga harus diimbangi dengan asupan gizi Ibu yang sedangang menyusui





Leave a Response

(required)