Manfaat Ubi Cilembu yang Baik untuk Kesehatan

0
Posted May 17, 2013 by Mohammad Andes Bayu Pranoto in Lifestyle

Siapa yang tidak kenal dengan umbi yang memiliki rasa legit dan berukuran besar ini yaitu ubi cilembu. Ubi berukuran besar dan nikmat ini ternyata bukan hanya memiliki rasa yang manis saja, akan tetapi ternyata kaya akan manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

ubi_cilembu

Ubi CIlembu (Sumber Gambar: bisnis-jabar.com)

Walaupun dianggap sebagai camilan kampung, ternyata ubi cilembu ini punya banyak manfaat bagi kesehatan. Kaya akan serat dan vitamin A, ubi ternyata juga mengandung mineral penting seperti zat besi, folat, mangan, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin D dan vitamin E yang baik untuk kulit. Sekalipun mengandung karbohidrat, ubi ini menjadi santapan yang baik untuk para pelaku diet.

Nah, pada kali ini inagurasi akan berbagi lagi seputar manfaat ubi cilembu bagi yang baik untuk kesehatan.

1.    Mencegah Kanker

Warna ubi cilembu pada umumnya orange kemerahan. Hal ini menunjukkan bahwa ubi cilembu kaya akan betakaroten dan tentunya vitamin A. Di antara umbi-umbi lainnya, ubi cilembu diperkirakan dapat membantu mencegah kanker paru-paru dan kanker mulut. Penelitian membuktikan bahwa 124 ribu orang di Universitas Harvard, 32 persennya berisiko terkena kanker paru-paru. Dengan mengonsumsi umbi yang kaya karoten seperti sejenis ubi cilembu, risiko tersebut berkurang jumlahnya.

2.    Mengontrol Gula Darah

Kadar gula dalam darah umumnya meningkat jumlahnya setelah mengonsumsi karbohidrat. Mereka yang punya masalah dengan kadar gula tinggi di dalam darah disarankan mengonsumsi ubi yang dikukus dan tidak diberi tambahan saus atau gula.

3.    Mencegah Serangan Jantung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu ubi cilembu kaya akan vitamin B6, hal ini menunjukkan ubi ini juga dapat membantu mengurangi zat kimia bernama homocysteine yang biasanya memicu serangan jantung. Potasium di dalam ubi juga menstabilkan tekanan darah sehingga tidak naik turun secara drastis.

4.    Meredakan Stres

Dimakan hangat-hangat sambil menikmati pemandangan sore, ubi dapat membantu meredakan stres. Manfaatnya ternyata pun berlipat ganda karena ubi mengandung mineral potasium yang membantu melawan dan mengurangi stres. Zat besi di dalam ubi juga menyediakan tambahan energi yang dapat membantu meningkatkan immune tubuh. Sehingga saat tekanan menyerang, tubuh siap menghadapi dan lebih rileks.

5.    Anti Aging

Vitamin A di dalam ubi dapat membantu meningkatkan immune tubuh serta merawat kulit dengan baik. Retinol yang biasa dimanfaatkan produk-produk kosmetik high end untuk merawat kulit, yang ternyata terkandung juga di dalam ubi. Selain itu betakarotennya juga dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Anda jadi tak perlu khawatir akan kerutan dan noda-noda hitam yang disebabkan oleh penuaan dini. Kemudian kandungan vitamin C dalam ubi ini dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit tetap lembut dan elastis.

 

Dengan mengetahui manfaat berlimpah yang dimiliki oleh ubi cilembu ini, nampaknya kali ini ubi dengan rasa manis dan berukuran besar ini tidak lagi dipandang sebelah mata sebagai camilan kampung. (mabp)

Sumber



Manfaat Ubi Cilembu yang Baik untuk Kesehatan

About the Author

Mohammad Andes Bayu Pranoto

Saya Bayu tinggal di Bandung. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Gemar menulis, ngoding, main game. Sebagai freelance di Inagurasi.com.

Manfaat Ubi Cilembu yang Baik untuk Kesehatan

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)