Senjata – Senjata Perang Rancangan Leonardo da Vinci

0
Posted January 29, 2013 by Mohammad Andes Bayu Pranoto in Lifestyle

Leonardo da Vinci merupakan seorang seniman yang sangat terkenal yang lahir di Vinci, Italia pada tanggal 15 April 1452 dan meninggal di Clos Luce, Perancis pada tanggal 2 Mei 1519. da Vinci adalah seorang arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia bahkan dia digambarkan sebagai arketipe “manusia renaisans” dan juga sebagai genius universal.

Gambar Leonardo da Vinci (Sumber : mamapop.com)

Gambar Leonardo da Vinci (Sumber : mamapop.com)

Mengapa hingga da Vinci disebut sebagai genius universal, hal ini karena da Vinci memiliki kapasitas mental di atas rata-rata di bidang intelektual terutamanya ditunjukkan dalam hasil kerja yang kreatif dan orisinal. Selain berhasil dengan karya lukisannya yang fenomenal seperti yang bertajuk Jamuan Terakhir dan Mona Lisa, dia juga terkenal dengan beragam desainnya yang turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, teknik sipil, kuliner, bahkan kemiliteran. Pada kesempatan kali ini inagurasi akan menyampaikan karya desain dari beragam senjata-senjata perang rancangan Leonardo da Vinci yang pernah dia buat semasa hidupnya.

1.   Robot Terminator

Gambar Robot Rancangan da Vinci – kanan (Sumber : 1.bp.blogspot.com)

Ternyata sosok terminator bukan sosok robot yang baru dibuat seperti pada filmnya yang dibuat sekitar tahun 1980an. Tetapi ternyata sketsa desain dari robot terminator ini telah dipikirkan dan telah dibuat oleh Leonardo da Vinci pada saat dia hidup (sekitar tahun 1495). Desain robot ini baru ditemukan pada tahun 1957 disaat Carlo Pedretti menemukannya diantara desain-desain da Vinci yang tak terhitung jumlahnya. Desain ini mulai dikonstruksi ulang oleh Mark Rosheim pada tahun 1996 saat mempublikasikan pada sebuah studi independen mengenai robot yang bekerja sama dengan Florence Institute and Museum of the History of Science.

2.   Senapan Mesin

Gambar Rancangan Senapan Mesin da Vinci (Sumber : beritaunik.net)

Senapan mesin merupakan senjata api yang tertanam maupun portabel dengan kemampuan menembak secara full-otomatis. Ternyata metode senapan mesin ini telah dipikirkan dan dibuat desainnnya oleh Leonardo da Vinci sekitar tahun 1480an di Florence. Mungkin pada pembuatan desain ini merupakan sebagai jawaban atas kebutuhan raja akan seorang arsitek militer di masanya.

3.   Bom Cluster

Gambar Rancangan Bomb Cluster da Vinci (Sumber : beritaunik.net)

Gambar Rancangan Bomb Cluster da Vinci (Sumber : beritaunik.net)

Bom Cluster merupakan bom yang dijatuhkan ke tanah dari udara dan ketika mendekati daratan bom akan berubah atau meledak menjadi bom-bom yang kecil dan tentunya mematikan. Pada masanya, ternyata da Vinci telah lebih dulu memikirkan bom cluster ini dan membuat desain sketsanya. Dalam desainnya, da Vinci mendesain proyektil-proyektil besar, terdiri dari tempurung di sekeliling spacers besi dan dipasangkan di dalam casing yang lunak. Sekali ditembakkan, penemuan ini meledak menjadi banyak pecahan-pecahan. Hal itu menjadikan range tembak dan impact yang lebih besar daripada sebuah peluru cannon.

4.   Kereta Perang

Gambar Rancangan Kereta Perang da Vinci ( Sumber : beritaunik.net)

Mungkin inilah salah satu desain dari da Vinci yang paling cantik. Dia membuat sebuah sketsa kereta perang yaitu dengan gambar kuda yang menarik kereta terbuka dengan dilindungi oleh pedang-pedang tajam dan melingkar yang akan bergerak di tengah pertempuran seperti yang banyak digambarkan digunakan para gladiator di Roma ketika sedang berduel. Bahkan dalam sebuah ilustasinya, da Vinci mengilustrasikan pembantaian dalam detil yang mengerikan.

5.   Canon Baris

Gambar Rancangan Canon Baris da Vinci (Sumber : beritaunik.net)

Mungkin desain dari canon baris buatan Leonardo da Vinci ini merupakan cikal bakal dari teknologi modern militer masa kini seperti peluncur bom mortar, SAM, dan yang lainnya. Karena pada desain sketsanya tergambarkan lengkap dan tentunya mengagumkan, pada desainnya da Vinci mengilustrasikan rencana sebuah senjata perang dengan 16 buah meriam yang dilingkarkan dalam suatu lingkaran sehingga dapat meluncurkan bomb canon dengan banyak dalam interval waktu yang cepat.

6.   Tank

Gambar Rancangan Tank da Vinci (Sumber : news.bbc.co.uk)

Inilah salah satu desain buatan Leonardo da Vinci yang tentunya mencengangkan dan tentunya juga menakutkan. Karena di masanya, Leonardo da Vinci telah memikirkan sebuah konsep kendaraan perang yang sangat canggih yaitu sebuah tank. Pada desainnya da Vinci menggukan konsep kendaraan perang tertutup mirip kura-kura yaitu dengan adanya penutup di bagian atasnya.

Pada sebuah proposal kerja untuk Duke of Milan, da Vinci mengungkapkan “Aku bisa membuat kendaraan perang, aman, dan tidak terkalahkan yang akan merangsak masuk dekat para musuh dengan artilerinya tanpa ada perlawanan”. Cikal bakal tank modern ini membuat shock para tentara musuh di medan perang pada abad 15 an tetapi tetap terdapat kesalahan-kesalahan serius.

7.   Dinding Pertahanan

Gambar Rancangan Dinding Pertahanan (Sumber : beritaunik.net)

Gambar Rancangan Dinding Pertahanan (Sumber : beritaunik.net)

da Vinci juga mendesain metode bertahan yang rumit dan juga mengagumkan yaitu dinding pertahanan. Saat dinding diserang, pasukan di balik benteng pertahanan dengan cepat dan mudah mengelak dari dari musuh dengan satu pergerakan menggunakan sebuah sistem tuas. Saat musuh menggunakan tangga untuk menrobos dinding, tuas-tuas akan dikaitkan untuk menggerakan rel-rel pada dinding dimana tangga disandarkan sehingga musuh akan berjatuhan.

8.   Katapel

Gambar Katapel Rancangan da Vinci (Sumber : Beritaunik.net)

Gambar Katapel Rancangan da Vinci (Sumber : beritaunik.net)

Desain dasar dari ketapel sudah digunakan ratusan tahun sebelum Da Vinci menyempurnakannya. Dia membuat beberapa model yang berbeda-beda. Desain utamanya menggunakan per daun ganda untuk menciptakan energi besar untuk melemparkan proyektil-proyektil batu atau material-material yang dibakar hingga jarak yang jauh. Loading dua per daun besar dilakukan menggunakan sebuah engkol tangan pada sisi katapel.

9.   Benteng Pertahanan

Gambar Benteng Rancangan da Vinci (Sumber : beritaunik.net)

Gambar Benteng Rancangan da Vinci (Sumber : beritaunik.net)

Pada masanya, Leonardo da Vinci juga mendesain bentuk sebuah benteng pertahanan yang tentunya menarik dan menakjubkan. da Vinci mendesain benteng ini dengan mengutamakan keselamatan dari suatu serangan musuh. Dilihat dari gambarnya, memang benteng ini dinilai mampu menahan serangan proyektil-proyektil  artileri yang mematikan karena dilapisi dengan dua lapis dinding konsentris di sekelilingnya. Kemudian pada gambar sketsa aslinya terdapat lorong-lorong bawah tanah rahasia di bagian tengahnya yang dapat memudahkan para prajurit atau seseorang yang penting di benteng tersebut untuk bersembunyi dari serangan musuh.

10.   Canon yang dapat Dipindah

Gambar Canon yang dapat Dipindah (Sumber : beritaunik.net)

Gambar Canon yang dapat Dipindah (Sumber : beritaunik.net)

Berbeda dengan canon baris, pada canon ini da Vinci mendesainnya untuk lebih mudah dipindahkan dengan menambahkan roda di sisi kanan dan kirinya. Bahkan da Vinci membuat desainnya yang mudah untuk dibongkar dan dipasang ulang ketika akan digunakan.

11.   Springald

Gambar Springald (Sumber : members.iinet.net.au)

Gambar Springald Rancangan da Vinci (Sumber : members.iinet.net.au)

Springald, suatu alat yang melemparkan batu-batu atau kayu besar seperti sebuah panah dengan swing arms di dalamnya. Contoh dari springalds digambar oleh Da Vinci dalam satu waktu saat dia juga menggambar senjata-senjata powder-propelled. Meski beberapa contoh hasil rekonstruksi bisa dijumpai, tidak ada bukti arkeologisnya yang ditemukan.

12.   Helikopter da Vinci

Gambar Helikopter Rancangan da Vinci (Sumber : leonardo-da-vinci-biography.com)

Gambar Helikopter Rancangan da Vinci (Sumber : leonardo-da-vinci-biography.com)

Satu lagi karya Leonardo da Vinci yang sangat krusial dan tentunya mencengangkan dunia. Karyanya ini yaitu sebuah sketsa helikopter atau mesin pertama yang mampu terbang secara vertikal. Sketsa mesin terbang ini yang pertama ia buat sekitar tahun 1493 baru ditemukan pada abad 19. Dengan desainnya ini da Vinci dikatakan sebagai penemu pertama yang secara praktis memperkenalkan mesin terbang heavier-than-air.

13.   Kapal Perang

Gambar Kapal Perang da Vinci (Sumber : gaptekupdate.com)

Gambar Kapal Perang da Vinci (Sumber : gaptekupdate.com)

Pada desain kapal perang buatan da Vinci ini nampaknya merupakan cikal bakal dari sebuah kapal perang yang kita lihat sekarang. Pada kapal ini dilengkapi dengan meriam yang mampu menyerang kapal atau musuh dari perairan. Kemudian untuk menghalau serangan musuh, kapal ini juga dilengkapi dengan perisai berbahan metal di bagian haluannya yang dapat berputar untuk menghalau serangan yang menyerang ke kapal.

14.   Panah Raksasa

Gambar Panah Raksasa (Sumber : beritaunik.net)

Gambar Panah Raksasa (Sumber : beritaunik.net)

Panah ini berbeda dengan panah-panah yang biasa digunakan, bukan dari ukurannya saja yang super besar tetapi yang dilontarkannnya pun bukan anak panah dari kayu tetapi berupa bola-bola berat yang dapat menghancurkan pertahanan musuh dengan cepat.

Busurnya memang masih terbuat dari kay yang lentur dengan kawat yang diikat dan menempel di tempatnya oleh pin-pin yang dapat diputar. Bahkan saking besarnya, bentangan panah ini mencapai 13 meter dan ditarik dengan mekanisme roda gigi yang rumit.

15.   Senjata untuk Mengepung

Gambar Senjata Pengepung (Sumber : artileri.org)

Gambar Senjata Pengepung (Sumber : artileri.org)

Senjata buatan da Vinci ini memang sekilas sama saja seperti mekanisme tangga untuk menyerang benteng lawan. Tetapi bedanya senjata ini memiliki roda sehingga secara fleksibel dapat dipindah-pindahkan, selain itu pada senjata ini juga dipersenjatai sehingga menyullitkan lawan untuk menyerang balik atau memasuki senjata ini. Kemudian canggihnya lagi, tangga dari senjata ini dapat diatur dari roda-roda giginya sehingga mampu menembus benteng lawan dengan ketinggian yang beragam. (mabp)

Sumber



Senjata – Senjata Perang Rancangan Leonardo da Vinci

About the Author

Mohammad Andes Bayu Pranoto

Saya Bayu tinggal di Bandung. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Gemar menulis, ngoding, main game. Sebagai freelance di Inagurasi.com.

Senjata – Senjata Perang Rancangan Leonardo da Vinci

0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)