Tempat Wisata Air Panas di Sekitar Kawasan Bandung

5
Posted February 10, 2013 by Mohammad Andes Bayu Pranoto in Lifestyle

Bandung yang akhir-akhir ini dilanda cuaca yang cenderung mengalami hujan setiap hari nampaknya dapat mengganggu kegiatan berakhir pekan Anda atau dapat pula mengganggu kesehatan Anda. Tetapi jangan khawatir karena terdapat beberapa tempat wisata di sekitaran Bandung yang selain menwarkan panorama alamnya yang indah juga memiliki daya tarik dengan adanya pemandian sumber air panas sehingga dapat menjadi wisata alternatif ketika cuaca Bandung yang kerap diguyur hujan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa dengan mandi atau berendam air hangat memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Diantaranya yaitu dapat membuat kulit tampak segar dan tidak kering karena pori-pori pada kulit akan terbuka, meredakan penyakit batuk, memperlancar peredaran darah, menyehatkan jantung, dan terlebih jika Anda berendam di sumber air panas  yang mengandung belerang maka dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit. Maka pada kesempatan kali ini inagurasi akan berbagi seputar tempat wisata air panas di sekitaran Bandung.

1.   Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian air panas Cibolang merupakan kawasan pemandian air panas yang terletak di Desa Wayang Windu, Kec. Pangalengan Kab. Bandung. Luas yang dimiliki oleh kawasan wisata Cibolang yaitu sekitar 2 hektar pada ketinggian 1450 m di atas permukaan laut dengan rata-rata temperatur udaranya yatu 23 – 25 0C sehingga sangat cocok untuk mandi air panas di suhu tersebut.

Wisata Pemandian Air Panas Cibolang

Wisata Pemandian Air Panas Cibolang (Sumber Gambar : bandung.panduanwisata.com)

Di dalam kawasan Cibolang ini bukan hanya terdapat kawasan pemandian air panas saja tetapi terdapat pula kawasan hutan pinus dan kaliandra serta Anda pun dapat melakukan tracking ke daerah Kawah Burung yang terdapat di kawasan ini. Kemudian ketika melakukan perjalanan menuju kawasan ini Anda pun akan disajikan dengan panorama kebun teh yang indah dan menyejukkan hati. Untuk fasilitas yang ditawarkan oleh Cibolang terbilang lengkap mulai dari musholla, toilet, kolam renang untuk dewasa dan anak, serta beberapa gazebo, dan fasilitas lainnya.

2.   Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas Ciater atau dikenal pula dengan nama Sari Ater Hot Spring Resort merupakan kawasan rekreasi pemandian air panas yang terletak di Desa Ciater, Kec. Jalancagak Kab. Subang ini juga merupakan salah satu tujuan wisata pemandian air panas khususnya di wilayah sekitar Bandung dan bahkan wisatawan asing. Luas kawasan wisata Ciater ini mencapai sekitar 70 ha dengan segudang fasilitas di dalamnya kemudian untuk rata-rata temperatur air yang berasal dari mata airnya yaitu sekitar 430C – 460C sedangkan temperatur air yang berada di kolam yaitu sekitar 370C – 420C.

Wisata Air Panas Ciater

Wisata Air Panas Ciater (Sumber Gambar : tripadvisor.com)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, yaitu luas kawasan wisata Ciater ini hampir mencakup sekitar 70 ha. Hal ini dikarenakan di kawasan wisata ini memiliki fasilitas yang dapat dikatakan lengkap yaitu diantaranya hotel, bungalaw, villa, kolam pemandian, sarana permainan anak sampai dewasa, sarana olahraga, arum jeram, out bond, masjid, resort, restaurant, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Selain itu panorama alamnya yang berada di sekitar kebun teh ini juga menambah daya tarik kawasan wisata Ciater ini.

3.   Pemandian Air Panas Ciwalini

Kawasan wisata pemandian air panas Ciwalini terletak di Kec. Ciwidey Kab. Bandung yang terkenal dengan pesona alamnya yang indah dan juga suasana nya yang sejuk serta masih asri. Hal tersebut didukung karena letak pemandian ini berada di kawasan perkebunan teh hitam yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara, bukan hanya itu saja teh khas dari Walini ini memiliki aroma dan rasa yang khas dengan kualitasnya yang bagus. Sumber air panas yang digunakan oleh pemandian Ciwalini yaitu berasal dari Gunung Patuha.

Wisata Air Panas Ciwalini

Wisata Air Panas Ciwalini (Sumber Gambar : disparbud.jabarprov.go.id)

Banyak fasilitas yang dimiliki oleh pemandian air panas Ciwalini ini, selain memiliki kolam-kolam pemandian air panas terdapat pula fasilitas lain seperti kios makan, tempat berendam pribadi, bungalaw, tempat penginapan, musholla, fasilitas out bound, dan fasilitas pendukung lainnya. Bukan hanya itu saja di kawasan sekitaran Ciwalini juga terdapat beberapa tempat wisata menarik lainnya seperti Kawah Putih, tempat berkemah Ranca Upas, dan Situ Patenggang.

4.   Pemandian Air Panas di Kawasan Garut

Sedikit menjauh dari kawasan Bandung, terdapat pula wisata pemandian air panas yang berlokasi di daerah yang terkenal dengan ciri khas makanan dodol dan kesenian adu domba garutnya yaitu Kota Garut. Di kota yang masih bersebelahan dengan Kota Bandung ini terdapat dua lokasi pemandian air panas yang terkenal yaitu wisata pemandian air panas Darajat dan juga Cipanas.

Wisata Air Panas Darajat

Wisata Air Panas Darajat (Sumber Gambar : awitsadarajat.com)

Kawasan pemandian Darajat terletak di bawah kaki Gunung Papandayan tepatnya di Puncak Darajat. Selain memiliki kolam-kolam pemandian air panas, di kawasan ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang banyak seperti tempat outbound, hotel dan cottage, rumah makan, dan fasilitas pendukung lainnya. Selain itu terdapat pula potensi wisata lainnya yaitu wisata kawah di sekitar Darajat yang menghasilkan uap alami tetapi perlu diperhatikan karena di beberapa tempat masih terdapat gas beracun yang dapat keluar kapan saja.

Wisata Pemandian Air Panas Waterboom Cipanas

Wisata Pemandian Air Panas Waterboom Cipanas (Sumber Gambar : garutkab.go.id)

Kemudian kawasan pemandian air panas selanjutnya yaitu kawasan pemandian Cipanas. Berbeda dengan kawasan Darajat, Cipanas telah masuk ke dekat-dekat dengan pusat Kota Garut tetapi masih memberikan kesan panorama alam yang indah karena letaknya berada di kaki Gunung Guntur. Ketika Anda memasuki kawasan pemandian air panas Cipanas maka Anda tidak akan menemukan kolam-kolam terbuka melainkan beberapa kolam yang dikelola secara individual oleh pihak swasta yang tentunya menyediakan beragam fasilitas mulai dari penginapan hingga kamar rendam pribadi.

 

Mungkin cukup sekian ulasan mengenai tempat wisata air panas di kawasan sekitar Bandung yang dapat inagurasi ulas. Bandung memang menyimpan beragam keindahan di dalamnya, banyak potensi kawasan wisata yang dimiliki oleh kawasan Kota Bandung beserta beberapa wilayah di sekitarnya yang tentunya masih terjaga keasriannya, maka jika Anda sempat mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut diharapkan dapat menjaga tempat wisata tersebut agar tetap asri sehingga Kita dapat menikmapati objek wisata tersebut pada beberapa tahun ke depan. (mabp)



Tempat Wisata Air Panas di Sekitar Kawasan Bandung

About the Author

Mohammad Andes Bayu Pranoto

Saya Bayu tinggal di Bandung. Selalu berusaha menjadi lebih baik. Gemar menulis, ngoding, main game. Sebagai freelance di Inagurasi.com.

Tempat Wisata Air Panas di Sekitar Kawasan Bandung

5 Comments


  1.  

    foto Air Panas Ciwalini tahun kapan tuh? sekarang waterboomnya sudah jadi bahkan sudah berjamur wkwkwk.
    perawatannya kurang :p




  2.  

    Wisata Air Panas Darajat keliatannya bagus tuh :p





Leave a Response

(required)